Proyeksi Pasar Properti 2018

Menyusul kebijakan-kebijakan positif dari pemerintah pusat dan di targetkan selesai-nya proyek-proyek insfrastruktur di tahun 2018 akan membuat pasar properti tetap memiliki peluang yang bagus untuk terus menggeliat.

Menjelang akhir 2017, sederet peristiwa penting di sektor industri properti terjadi di sepanjang tahun ini. Mulai dari kebijakan pemerintah yang berpengaruh besar dalam sektor properti seperti BI 7-Day Repo Rate, penutupan Tax Amnesty, penyesuaian Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) dan Paket Kebijakan Ekonomi.

Dari sisi suplai, menjelang tahun politik 2019, tahun 2018 akan di dominasi oleh permintaan harga properti menengah di bawah Rp. 1Miliar. Pasar akan meminta atau mencari hunian dalam bentuk apartemen dan tipe perumahan dengan sistem cluster, terutama di kota-kota satelit dimana akses ke kota utama sudah lebih imudah terjangkau.

Meskipun siklus pasar properti telah menunjukkan titik balik sejak Q3/2016, para pelaku pasar termasuk konsumen dan pengembang masih belum terlalu yakin pasar properti akan tumbuh signifikan. Berdasarkan survei yang dilakukan Indonesia Property Watch (IPW), tren pasar terus menunjukkan pergerakan positif meskipun masih tipis dan landai

 

Leave a Comment

You may use these <abbr title="HyperText Markup Language">HTML</abbr> tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>