Trend Proyeksi Properti 2018

Sebuah perusahaan riset di bidang real estate JLL Research mengeluarkan hasil penelitian mereka mengenai perkiraan trend yang akan terjadi di dunia properti pada tahun 2018. Dengan momentum ketertarikan dipasar yang berkembang, mereka memprediksi terutama kawasan Asia – Pasific akan mengalami pertumbuhan sebesar lima persen.

Dengan negara India sebagai pemimpin pertumbuhan pasar properti yaitu pada sektor perkantoran dan disusul dengan ritel. Pasar properti di India mereka prediksikan akan menghasilkan keuntungan paling tinggi di tahun 2018 ini.

Sementara itu para investor kelas kakap dari Asia khususnya China akan melakukan spekulasi dengan berinvestasi di luar Asia dikarena permodalan yang besar dan tidak dapat diserap semua oleh pasar di Asia.

“Secara keseluruhan, investor dari Asia menghabiskan lebih dari US $ 26 miliar untuk properti di Amerika Serikat dan Eropa dalam tiga kuartal pertama tahun 2017,” menurut Megan Walters, Head of Research, JLL Asia Pacifik.

Tren lain yang kemungkinan besar akan semakin populer adalah Proptech atau properi techonology, yang merupakan kelas baru dalam pasar properti yang akan memiliki perkembangan sangat pesat.

Dalam jangka panjang, digitalisasi layanan, adopsi dan otomatisasi dari Internet of Things (IOT) akan berdampak signifikan terhadap strategi perusahaan real estate, struktur tim serta proses-proses yang dilakukan.

“Pengenalan sistem dan perangkat IoT – sistem pintardan alat-alat yang beroperasi melalui jaringan – akan mendorong pemanfaatan dan kinerja portofolio real estate secara transparan. Bangunan-bangunan pintar akan membantu pemilik bangunan dan penghuni untuk memperbaiki kinerja dan menghemat biaya,” tutur Jeremy Sheldon, Managing Director, Markets and Integrated Portfolio Services, JLL Asia Pacific.

 

 

Leave a Comment

You may use these <abbr title="HyperText Markup Language">HTML</abbr> tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>